Kamis, 20 Maret 2014

MENDESKRIPSIKAN TOKOH WAYANG

           Gambar diatas adalah gambar salah satu tokoh Punawakan dalam pewayangan jawa tengah dan jawa timur. Punawakan itu sendiri adalah sebutan umum untuk para pengikut kesatria dalam khasanah kesusastraan indonesia. Bagong yang dalam pewayangan orang ini merupakan salah satu anak dari Semar,dia memiliki bentuk fisik dengan badan yang bulat dan gemuk,mata yang besar,bibir yang tebal atau memble, dan dalam wayang kulit ia membawa senjata Kudi. Bagong biasanya berbicara blak-blakan atau tidak memiliki tatakrama yang baik dibandingkan dengan tiga tokoh wayang lainnya yaitu semar,gareng,dan petruk, namun walopun begitu majikannya tetap memaklumi hal itu.
           Salah satu versi menyebutkan bahwa bagong adalah jelmaan bayangan dari semar. Semar yang merupakan cucu dari Batara Ismaya dan mengabdi kepada seorang pertapa yang bernama Resi Manumansa. ketika manumansa hendak mencapai Moksha semar merasa kesepian dan memohon agar diberikan seorang teman,maka dijadikanlah bayangannya sebagai temannya yaitu Bagong.
               Tokoh Bagong ini dimanfaatkan oleh Nyai Panjang Mas pada masa raja Mataram yaitu amangkurat I untuk memprotes pemerintahan raja amangkurat I tersebut,sebab raja yang baru menggantikan ayahnya ini bersifat sewenang-wenang dalam memerintah dan bekerja sama dengan VOC Belanda,Ia sangat berbeda dengan ayahnya. Dalam Pewayangan yang disajikan oleh Kyai Panjang Mas justru sebaliknya,bagong dihapuskan oleh Kyai Panjang Mas,namun tetap dimainkan oleh Nyai Panjang Mas.
               Pada masa keruntuhan kerajaan mataram dan berganti nama Kasunan Kartasutra,sejak tahun 1745 Kasunan Kartasutra dipindahkan ke Surakarta,namun terjadi lagi perpecahan yang berakhir dengan di akuinya Sultan Hamengkubuwono I. Sementara dalam perwayangan,Surakarta mengikuti aliran Kyai Panjang Mas yang hanya memiliki tiga tokoh wayang yaitu Semar,Petruk,dan Gareng. sedangkan Jogja tetap mempertahanlkan adanya Bagong dalam tokoh perwayangan.


SUMBER:
1.http://id.wikipedia.org/wiki/Bagong
2.http://id.wikipedia.org/wiki/Punakawan

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar