Sabtu, 19 Maret 2016

Tugas 1: Sejarah Perkembangan CPU (Central Processing Unit)

CPU (Central Processing Unit) adalah suatu komponen dari perangkat komputer yang berfungsi untuk menterjemahkan dan membawa instruksi dasar yang mengoperasikan komputer. fungsi utama dari CPU adalah untuk memproses data yang dimasukkan lewat papan ketik dan ditampilkan lewat monitor.

Perkembangan CPU dibagi menjadi bebarapa periode:
1. Generasi Pertama (1940-1956):
ENIAC (Electrical Numeric Integrator and Computer) yang diproduksi oleh IBM pada tahun 1945 yang berukuran sangat besar. membutuhkan ruangan sebesar 18x18 meter untuk mengoperasikan komputer ini.

Perkembangan CPU generasi pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC(Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah computer ukuran besar pertama yang digunakan untuk keperluan bisnis pada tahun 1951-an.

2. Generasi Kedua (1956-1963):
Transistor adalah generasi kedua dari CPU, menggantikan CPU generasi pertama. sebenarnya transistor sudah ditemukan pertama kali pada tahun 1947 hanya saja belum digunakan secara luas dalam dunia komputer. transistor digunakan pada komputer pada akhir 1950an. penggunaan transistor ini juga mengurangi konsumsi listrik secara besar-besaran dalam penggunaan komputer, serta mereduksi ukuran komputer. pada pemakaian ini, mulai dikenal bahasa pemrograman. bahasa pemrograman tingkat tinggipun mulai diperkenalkan pada generasi ini, yang belakangan ini kita kenal sebagai COBOL dan FORTRAN.

3. Generasi Ketiga (1964-1971):
penemuan IC (Integrated Circuits) menutupi kelemahan penggunaan transistor pada komputer. IC ditemukan oleh Jack Kilby pada tahun 1960an.

4. Generasi Keempat (1971-Sekarang):
Penggunaan mikroprosesor pada CPU pada generasi ini. pada tahun 1971, Intel 4004 Chip dikembangkan. pada generasi ini penggabungan komponen-komponen pada CPU yang mulanya terpisah mulai terwujud.  


Sumber:
1. http://www.uniassignment.com/essay-samples/information-technology/the-history-of-central-processing-unit-information-technology-essay.php
2. https://arifbestaristmikpringsewu.wordpress.com/2013/03/26/sejarah-perkembangan-cpu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar